Selasa, 03 Juli 2018

Cara Investasi Saham Syariah


Zaman sekarang, metode syariah memang sudah benar-benar banyak. Bermula dari bank-bank yang berkonsep syariah, tabungan syariah, hingga saham bertipe serupa juga tengah familiar di masyarakat. Pesatnya metode syariah ini berawal dari pendapat ada riba dalam bunga tabungan yang diperoleh dari pihak bank. Apalagi saham, banyak orang beranggapan bermain saham sama saja seperti berjudi. Tetapi untuk yang takut akan dilema tersebut, ada satu produk yang dapat diperhatikan, ialah investasi saham syariah.
                          
Jika diperhatikan lagi, saham syariah sesungguhnya dapat menjadi salah satu metode menginvestasikan dana Anda untuk menempuh keuntungan yang diinginkan. Berdasarkan pengertian dari Bursa Efek Indonesia (BEI), saham ialah penyertaan modal dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Jadi saat Anda mendengar ada orang yang bermain saham, berarti seseorang tersebut sudah mempunyai aset dalam perusahaan maupun perseroan tertentu. Karena alasan itulah, saham disebut juga sebagai surat berharga. Ini sebab saham menjadi bukti kepemilikan yang legal kepada kepemilikan seseorang dalam sebuah perusahaan maupun perseroan.

Tak ada yang sulit saat Anda berharap mencoba berinvetasi di tipe saham syariah. Sistem berinvestasinya sama saja dengan bermain di saham konvensional. Anda cukup mendatangi perusahaan sekuritas atau agen yang memasarkan saham. Di sana, Anda bisa memilih saham berjenis syariah yang diminati. Tetapi, tentu membeli saham tidaklah sama dan tidaklah semudah dengan membeli kudapan manis di toko. Ada beberapa hal yang mesti Anda amati sebelum hasilnya bisa mempunyai saham syariah yang diidamkan. Berikut beberapa langkah yang perlu Anda pertimbangkan dan lakukan saat berharap berinvestasi saham syariah, lebih-lebih di Indonesia.

1. Kenali Saham yang Diinginkan

Padahal sering kali dikatakan dengan istilah 'bermain saham', kegiatan yang satu ini tidak bisa Anda sama ratakan dengan kegiatan bermain untuk bersenang-bergembira semata. Dalam saham, ada risiko dari dana yang Anda tanamkan. Sebab itu, menjadi penting untuk mengenal lebih-lebih dahulu seluk-beluk saham yang Anda inginkan sebelum membelinya ke perusahaan sekuritas ataupun agen saham lainnya. Tak untuk saham syariah, Anda mesti mengenali daftar perusahaan apa saja yang bisa Anda tanamkan saham di dalamnya. Untuk mengenal hal ini, ada bisa mengeceknya di Daftar Efek Syariah yang diterbitkan oleh OJK. Dalam daftar hal yang demikian ditampilkan emiten apa saja yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah di pasar modal. Ada dua tipe Daftar Efek Syariah yang diterbitkan, merupakan yang bersifat periodik dan diterbitkan secara terprogram  pada akhir Mei atau November dalam tiap tahun serta yang bersifat isidentil atau tidak terprogram .

2. Pastikan Saham Bebas dari Praktik yang Tak Setelah Islam

Berdasarkan mengenal daftar emiten yang bisa Anda beli untuk berinvestasi saham syariah, langkah berikutnya merupakan mengecek ketepatan emiten hal yang demikian. Pastikan bahwa saham yang sudah tercatat bebas dari praktik-praktik yang bertentangan dengan ajaran Islam. Tertib Prasyarat Bapepam LK Nomor II K.1, ada beberapa syarat yang membikin sebuah emiten bisa digolongankan sebagai saham syariah. Tipe-syarat hal yang demikian seperti yang diceritakan di bawah ini.

·         Setelah usaha, produk barang atau jasa, serta akad dan pengelolaan emiten tidak boleh berseberangan dengan prinsip syariah.
·         Emiten mesti menandatangani dan memenuhi ketetapan akad sesuai dengan prinsip syariah.
·         Emiten mesti mempunyai Syariah Compliance Officer (SCO) untuk membeberkan prinsip syariah yang dianutnya. SCO merupakan pejabat atau petugas di institusi atau perusahaan yang sudah disertifikasi Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia sebagai petunjuk bahwa ia memahami konsep syariah di pasar modal.

3. Datangi Perusahaan Sekuritas

Berdasarkan memahami daftar perusahaan yang sahamnya berkonsep saham syariah, saatnya Anda mulai bertindak kongkret. Setelah memang berniat bermain saham syariah, seketika datangi perusahaan sekuritas terpercaya yang memasarkan saham syariah yang diharapkan. Pastikan perusahaan sekuritas hal yang demikian diakui OJK. Dengan demikian itu, Anda bisa memercayakan dana Anda di sana. Mintalah penjelasan secara mendetail dari petugas perusahaan sekuritas hal yang demikian untuk menjadi pembanding dan komplementer kabar dari emiten yang berharap Anda beli. Berdasarkan itu, isi formulir yang dibutuhkan. Setelah ragu untuk seketika bermain saham syariah, Anda bisa memastikan reksadana syariah yang risikonya lebih kecil. Anda bisa mendapatkan penjelasannya dari petugas perusahaan sekuritas yang Anda datangi pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagai Senam Otak Untuk Mengurangi Pikun

Seiring pertambahan usia, kinerja otak dapat mengalami penurunan. Supaya ini dapat membikin energi ingat Anda menurun, pikun, serta prob...